Artikel

Kemendagri: Kepala Daerah-Forkopimda Sering-sering Turun ke Lapangan • Cek Harga Pasar

26 March 2024 by Arta Toli

 57

660217f816b3b.jpeg


LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri sekaligus mengikuti rapat pengendalian inflasi daerah tahun 2024 secara zoom meeting di Command Center (CC), Senin (25/3/2024).
Dalam arahannya, Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komjend Pol Drs Tomsi Tohir MSi menyampaikan ada enam upaya konkrit Pemda dalam pengendalian inflasi daerah.
Keenam upaya tersebut adalah mengadakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar maupun distributor agar tidak menahan ataupun menimbun terhadap barang kebutuhan pokok, kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan BTT dan dukungan transportasi dari APBD.
“Pemerintah daerah bersama Forkopimda harus aktif serta turun langsung ke lapangan. Kami ucapkan terima kasih kepada daerah yang telah melakukan upaya konkrit dalam mengatasi inflasi,” ujarnya.
Dari pantauan tim Kemendagri sambung Tomsi Tohir, ada daerah yang melaksanakan operasi pasar hanya sebatas seremonial saja. Oleh karena itu, dia berharap kedepan operasi pasar dilakukan dengan sebenar-benarnya dan dilaksanakan secara berkesinambungan supaya berdampak langsung kepada masyarakat.
Secara umum, produksi jagung mengalami kenaikan, sedangkan impor jagung mengalami penurunan sementara harga jagung terus naik sehingga dapat berdampak terhadap harga ayam dan telur.
Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan kelompok makanan, minuman maupun tembakau pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri selalu mengalami inflasi sejak 2021 sampai 2023. Bahkan inflasi tertinggi terjadi pada April 2022 yakni sebesar 1,76 persen dengan andil 0,46 persen terhadap inflasi nasional.
Selanjutnya, komoditas minyak goreng memberikan andil terbesar pada bulan ini yakni 0,19 persen sedangkan minyak goreng, daging ayam ras, telur ayam ras dan bawang putih perlu diwaspadai karena juga mengalami kenaikan.
Kelompok transportasi juga mengalami kenaikan pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri, angkutan transportasi udara cukup tinggi di April 2022 yakni sebesar 9,31 persen, sedangkan angkutan antar kota justru mengalami inflasi paling tinggi di yakni 12,36 persen.
Kesimpulan berdasarkan pemantauan harga SP2KP pada Minggu kedua Maret 2024, ada beberapa komoditi yang perlu diwaspadai, diantaranya telur ayam ras dan daging ayam ras. Harga beras selama tiga Minggu di Bulan Maret cenderung stabil, namun dibandingkan Februari masih lebih tinggi sektiar tiga persen.
Deputi III Kantor Staf Kepresidenan, Edy Priyono menyampaikan laporan hasil pantauan harga pangan strategis, status harga minyak goreng kemasan sederhana, bawang merah, cabai merah masuk katagori aman. Sementara daging sapi dan daging ayam masuk katagori waspada. Jagung, kedelai, beras, gula pasir, minyak goreng curah, bawang putih, telur ayam dan cabai rawit masuk katagori tidak aman.
Ikut hadir Pj. Sekda, H Tamri, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Surya Darma, Kepala Disperindag, Medhiolin Sapta Windu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Cikwi, Kepala Bappedalitbang, H Emra Endi Kesuma, Kepala BPKAD, Zulfikar dan Kepala Dinas Sosial, Hasan Andria. (*/acm).

Komentar

Copyright 2020 @ Silampari