Artikel

Pj Sekda Hadiri Apel Operasi Gelar Pasukan Ketupat Musi 2024

04 April 2024 by Arta Toli

 38

660dff0792e2f.jpeg


LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Sekda Kota Lubuklinggau, H Tamri menghadiri Apel Operasi Gelar Pasukan Ketupat Musi 2024 dalam rangkaian pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Halaman Mapolres Lubuklinggau, Rabu (3/4/2024).
Kapolres Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yuda saat menyampaikan amanat Kapolri Jenderal listyo Sigit Prabowo mengatakan apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.
Berdasarkan survei Indikator sambungnya, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5 persen atau meningkat 15,7 persen dibandingkan pada 2022.
“Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini,” imbuhnya.
Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat 143.65 persen atau setara 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.
Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.
Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibandingkan tahun lalu.
“Total pemudik tahun ini berdasarkan hasil survei bisa mencapai 190 juta orang. Oleh sebab itu, saya mengimbau sekaligus mengajak masyarakat agar mudik lebih awal,” tandasnya.
Untuk di Kota Lubuklinggau sendiri, tersedia tujuh pos pelayanan baik di titik lokasi perlintasan jalur mudik maupun di lokasi wisata.
“Bagi masyarakat Kota Lubuklinggau yang hendak mudik atau meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, agar dapat melaporkan kepada RT atau Mapolsek terdekat sehingga nanti personil bisa patrol,” ingatnya.
“Kita sediakan juga bagi masyarakat yang ingin menitipkan kendaraannya baik di Mapolsek maupun di Mapolres,” pungkasnya. (*/aaf)

Komentar

Copyright 2020 @ Silampari