Artikel

Staf Ahli Wako Hadiri Kegiatan Festival Durian di PUT

23 February 2024 by Arta Toli

 34

65d7f639220b1.jpeg


LUBUKLINGGAU-Staf Ahli Wali Kota Lubuklinggau Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Zainal Syamsi menghadiri kegiatan Festival Durian (Durio Zebethinus) di Lapangan Sepak Bola Dusun Olos, Kelurahan Pasar Padang Ulak Tanding (PUT) , Kecamatan PUT, Kabupaten Rejang Lebong, Kamis (22/1/2024).
Festival yang mengusung tema ‘mari selamatkan pohon durian jenis langka di wilayah Lembak Kabupaten Rejang Lebong’ itu diawali dengan lelang buah durian berkualitas bagus, unggul dan langka.
Dalam sambutannya, Bupati Rejang Lebong, H Syamsul Effendi berpesan agar durian yang berkualitas unggul dan bagus terutama berwarna kuning terus dikembangkan dengan cara disemaikan sehingga nantinya akan menjadi komoditi lokal yang menjanjikan serta bisa dipatenkan sebagai ciri khas daerah Lembak.
"Durian ini adalah durian kebudayaan yang berarti turun menurun, jadi harus dikelola dengan baik. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak mari selamatkan pohon durian jenis langka ini agar tidak punah,” pungkasnya.
Sebelumnya, ketua panitia penyelenggara, Ishak Burmansyah menyampaikan melalui festival durian ini diharapkan akan muncul lebih banyak lagi jenis, bentuk serta warna durian unggul yang masih belum diketahui untuk dapat dikembangkan dan dilestarikan.
Dewan juri telah melakukan penilaian terhadap 46 buah durian lokal kecamatan PUT dengan beberapa kategori penilaian diantaranya dari segi rasa, bentuk, kulit, biji dan bagian yang dapat dimakan.
Selain itu penilaian juga dilihat dari segi warna daging durian seperti tembaga, tekstur daging buah tidak berserat, tebal dan berlemak.(*/Wms/Acm)

Komentar

Copyright 2020 @ Silampari